Rabu, 14 November 2012

Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi

Sherpa Mapatek UNM. (Foto : Bawakaraeng)
Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi menurut Tupai Climbers, yakni Gunung Bawakaraeng , selain Gunung ini menjadi Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi , juga merupakan salah satu Gunung Tertinggi di Sulawesi dari 3 Gunung Tertinggi lainya, yakni tingginya Mencapai 2830 Meter diatas Permukaan laut (Mdpl).

Gunung Bawakaraeng yang berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini selain memiliki puncak yang termaksud tertinggi di Sulawesi Selatan juga Di lereng gunung ini terdapat wilayah ketinggian Malino, dimana tempat ini adalah wisata terkenal di Sulawesi Selatan. Secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting karena menjadi sumber penyimpan air untuk Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinja.

Upacara 17 Agustus. (Foto : Int)
Mengapa Gunung Bawakaraeng terdaftar sebagai Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi, hal ini disebabkan di puncak tertinggi Gunung Bawakaraeng terdapat daratan luas yang hampir menyerupai luas lapangan sepak bola yang selalu dijadikan tempat diadakannya Kegiatan-Kegiatan Kepemudaan dan Hari-hari Nasional lainya, dintaranya Upacara 17 Agustus, Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan , maupun hari-hari besar lainya. Selain itu dikaki Gunung Bawakaraeng juga terdapat sebuah Lembah yang di namakan Lembah Ramma, di lembah ini juga sering dikunjungi dan dijadikan tempat terbaik karena Lembah dipenuhi dengan pemadangan yang sejuk dan hijau sehingga membuat para pendaki tidak bosan untuk tinggal walau berhari-hari.
Haji Bawakaraeng. (Foto : Int)
Selain itu Gunung Bawakaraeng juga merupakan tempat pelaksaan adat istiadat kepercayaan Warga-Warga sekitar, yakni Puncak Gunung Bawakaraeng selalu dijadikan tempat beribadah (sembahyang) dan juga sholat Idul Adha oleh warga lingkungan sekitar. tetapi paling sering saat datangnya Musim Haji (Bulan Zulhijjah), dengan alasan dan tujuan untuk mendapatkan predikat Haji Bawakaraeng.
Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi ini juga terkenal dengan adanya Mitos -mitos di Gunung tersebut, Menurut salah satu Warga sekitar yang juga dijadikan Penjaga Gunung ( Pawang Gunung Bawakaraeng) oleh warga sekitar , yakni Bawakaraeng bagi masyarakat sekitar memiliki arti sendiri. Bawa artinya Mulut, Karaeng artinya Tuhan. Jadi Gunung Bawakaraeng diartikan sebagai Gunung Mulut Tuhan.Penganut sinkretisme di wilayah sekitar gunung ini meyakini Gunung Bawakaraeng sebagai tempat pertemuan para wali.

Walapun Gunung Bawakaraeng menjadi Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi , tetapi Gunung ini juga bayak menelan Korban saat mendaki ditambah lagi Korban saat melakukan kegiatan Lintas Gunung Lompobattang ke gunung Bawakaraeng jatuh terperosok dari tebing maupun jatuh akbiat hembusan Angin Badai saat melintas, tetapi membuat para Petualang untuk Gentar, Menurut slah satu Pendaki 'Hidup dan Mati seseorang sudah di tentukan Oleh Sang Pencipta' dan Hal itu juga yang menambah semangat para pendaki untuk tetap aktif dan mendaki sebagai salah satu penghargaan bagi pendahulu dan Sahabat yang meninggal. Maka dari itu Gunung Bawakaraeng tetap saja masih banyak warga dan Para Pendaki Gunung senang tiasa melakukan akrifitas mendaki Tempat Pendakian Terbaik di Sulawesi ini. 


Support

Tentang Kami

Info Pecinta Alam adalah Situs Media Online yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan Dunia Kepecintaalaman, Kepetualangan maupun Info Pecinta Alam lainya.
Designed By Seo Blogger Templates