Senin, 19 November 2012

Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD)


Pertolongan Pada Gawat Darurat
Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) Merupakan bagian dari kegiatan berpetualang di alam bebas, Dengan kegiatan ini,kita dilatih untuk siap, tangguh, kuat, percaya diri. Setidaknya kita dapat memberikan informasi mengenai keadaan iklim dan keadaan lingkungan tersebut kepada orang lain. Namun dibalik itu semua kegiatan berpetualang dialam bebas mengandung resiko yang besar, baik resiko kecelakaan bahkan kematian. Yang kurang disadari oleh para petualang alam bebas adalah kecelakaan yang sebenarnya dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, dan pada saat kejadian tersebut belum tentu ada tenaga kesehatan disekitar tempat kejadian. 

Oleh karena itu untuk berpetualang dialam bebas amat perlu pengetahuan tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada kegiatan di alam bebas tersebut. Pengetahuan ini bermanfaat sebagai keahlian dasar (basic survival Skill) dan ini harus dimiliki oleh setiap petualang. Kemampuan penanganan awal Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada korban baik diri kita maupun orang lain akan menentukan keberhasilan. Banyak kejadian kecelakaan di alam bebas yang disebabkan kurangnya pengetahuan maupun ketrampilan yang dimiliki oleh para petualang itu sendiri. 

Hal ini merupakan hasil pengamatan dari berbagai operasi SAR yang pernah dilakukan. Untuk kegiatan di alam bebas banyak hal yang perlu dipersiapkan, selain persiapan fisik, mental, peralatan, kemampuan akan pemahaman lingkungan/daerah yang diperlukan, serta pengetahuan-pengetahuan lainnya. Salah satunya ialah Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) di alam bebas. Persiapan pengetahuan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dan perlengkapan medis merupakan salah satu factor yang dapat menciptakan kondisi aman dan nyaman. Jadi dalam melaksanakan kegiatan berpetualang di alam bebas kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu pengetahuan dan perlengkapan medis kita sebelum kita melakukan kegiatan tersebut. 
Sebagai catatan dalam Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang mesti kita perhatikan ialah resiko-resiko bahaya/kecelakaan yang terjadi dan jika ini telah diklasifikasikan kita harus siap dan tanggap dalam bagaimana kita menanganinya. Kemampuan dalam menghadapi situasi bahaya/kecelakaan juga amat diperlukan. Disini kita memerlukan kesiapan mental karena dengan ketenangan akan menghasilkan suatu keputusan yang cepat dan tepatdan bukan berarti kesiapan fisik kita abaikan karena untuk menolong korban diperlukan suatu fisik yang baik, karena menolong korban bukanlah hal yang mudah dan tidak jarang tanpa fisik yang baik pada si penolong malah akan membahayakan dirinya. 

 "INGAT“ Kecelakaan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, maka siapkan diri anda sesiap mungkin sebelum anda melakukan perjalanan.


Support

Tentang Kami

Info Pecinta Alam adalah Situs Media Online yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan Dunia Kepecintaalaman, Kepetualangan maupun Info Pecinta Alam lainya.
Designed By Seo Blogger Templates