Sejarah Rock Climbing 'Panjat Tebing'


Sejarah Rock Climbing atau Panjat Tebing yang biasanya disingkat RC muncul dari kegiatan Eksplorasi Alam oleh para Pendaki Gunung dimana pada saat itu mereka menghadapi medan atau kondisi jalur pendakian yang tidak biasa dan tidak lazim serta memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, yangtidak mungkin lagi didaki secara biasa /Hacking (Medan Vertikal).


Dari kejadian tersebut muncullah teknik yang di namakan Rock Climbing (Panjat Tebing) untuk dipakai melewati medan tersebut tentunya dengan teknik pengamanan diri (Safety Producer). Seiring dengan perkembangan zaman Rock Climbing menjadi salah satu kegiatan petualangan sekaligus dijadikan olahraga tersendiri bagi penggiatnya.

Rock Climbing sudah menjadi aktifitas keseharian para Pendaki Gunung khsusnya oleh para Pemanjat Tebing (Climbers). dibuktikan dengan adanya beberapa informasi Sejarah Rock Climbing diberbagai tempat, diantaranya :

  1. Team Prancis dibawah pimpinan Anthoine de Ville yang mencoba memanjat tebing Mont Aiguille dengan ketinggian 2097 Mpdl dikawasan  Vercors Massif pada tahun 1492.
  2. Alfred Wills  adalah seorang pendaki yang meletakkan batu pertama di gunung Alpen pada tahun1854  dalam pendakianya ke puncak Wetterhorn dengan ketinggian 3708 Mdpl. disusul oleh pendaki lainya pada tahun berikutnya.
  3. Olimpiade Munich yang diadakan pada tahun 1972 direkomendasikan untuk pertama kalinya Rock Climbing masuk dalam jadwal Olimpiade  tersebut.
  4. Harry Suliztiarto adalah pelopor kegiatan panjat tebing yang di adakan di tebing Citatah padalarang indonesia, dan menjadi  orang yang pertama kali membawa olahraga Panjat Tebing modern di ke indonesia.

Sejarah Rock Climbing ini tentunya memicu perkembangan penggiat Alam Bebas, terlihat dari beberapa Tempat saat ini sdh menyediakan beberapa Peralatan Panjat Tebing baik dalam Bentuk Aksecories hingga Peralatan Khsususnya.
Share on Google Plus

About Tupai Climbers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.