Kamis, 04 Oktober 2012

Peralatan Panjat Tebing 'Rock Climbing'

Perlengkapan  Panjat Tebing "Rock Climbing Equipment" saat ini sudah berkembang sangat melonjak Pesat, dilihat dari sisi Kualitas maupun dari segi kuantitas, perkembangan itu dapat dilihat dari banyaknya Tokoh yang menjual berbagai macam peralatan Adventure mulai dari yang kualitas Product lokal maupun Product Luar Negeri yang tentunya didalamnya terdapat juga Peralatan Panjat Tebing. semakin populernya kegiatan Extrim ini membuat para petualang banyak yang menggeluliti kegiatan ini terlihat dari banyaknya Peralatan Panjat Tebing yang tersedia tersebut memberikan dampak secara langsung terhadap perkembangan kegiatan Kepecinta Alaman di indonesia.

Perlengkapan Panjat Tebing 'Rock Climbing'
Peralatan Panjat Tebing yang biasanya digunakan secara umum dalam kegiatan Panjat Tebing ini, terbagi dalam 2 Kategori Peralatan, yaitu :
  1. Peralatan Non Logam 
    Peralatan Non Logam umumnya terbuat dari bahan serat Sintesis seperti : Nylon 6, Spectra
    Misalnya : Harnes, Sling, Flootloop, Chalkbag, Protektor.
  2. Peralatan Logam
    Peralatan Logam ini dibagi lagi berdasarkan bahan Bakunya, yaitu :~ Peralatan yang dibuat dari besi basa, seperti Piton Mailon Rapide~ Peralatan yang terbuat dari Logam campuran seperti Aluminium Alloy. Misalnya Carbiner, Pulay
Peralatan Panjat Tebing Umumnya  yang digunakan Sebagai Peralatan Pribadi seperti Harnes, SRT set, Head Lamp dan peralatan Tali Temali (Karmantel dan webing), Beberapa Peralatan Panjat Tebing tersebut kemudian dibagi Menurut fungsinya Yakni :
  1. Karmantel atau Biasa disebut Tali Pengaman, berfungsi untuk melindungi Pemanjat dari kemungkinan Jatuh sampai menyentuh tanah atau biasanya disebut Freefall. Tali Pengaman ini dibagi dalam beberapa Jenis, seperti :(Tali serat alam, Hawser laid, Core dan Sheat Rope). Karmantel juga dibedakan menjadi dua bagian dilihat dari bahannya, seperti Karmantel Elastis dan Dinamis.
    Karmantel
  2. Harnes berfungsi sebagai pengaman  tubuh atau Badan Pemanjat yang dihubungkan dengan tali melalui pengaman Khusus dan juga untuk mengurangi rasa sakit saat hendak memanjat , Selain Harnes Khusus atau Rancangan dapat juga dibuat Harnes Buatan yakni Menggunakan Webing atau Sejenisnya. Harnes ini dibagi menjadi beberapa jenis, seperti Harnes Full Body, Seat Harnes dan Harnes Webing.
    Harnes
  3. Calkbag atau Temapat Magnesium berfungsi sebagai tempat penyimpanan Mangnesium (Tepung Pengering), Magnesium sendiri adalah Bahan Putih halus seperti Tepung yang digunakan Pemanjat untuk Melapisi atau mengoleskan tangan atau bagian pemajnta yg digunakan untuk memanjat agar tidak licin akibat keringat.
    Calkbag
  4. Shoes/Sepatu berfungsi sebagai alas kaki dan pengaman saat memanjat agar kaki tidak sakit saat menginjak atau berpijak pada point atau dinding yang tajam atau licin.
    Sepatu Panjat

  5. Carbiner / Cinci Kait, Berfungsi sebagi alat bantu Khusus yang menghubungkan peralatan panjat yang satu dengan peralatan yang lainya, dengan menggunakan Carabiner dapat memudahkan pemanjat untuk melepas ataupun memasang perlatan panjat yang terhubung dengan menggunakan pengait ini (Carabiner) Carbiner ini dibagi dalam beberapa menurut jenis dan fungsinya masing-masing, seperti Carbiner Oval, Delta, Screw (Ulir), Non Screw dan Snap.

  6. Mailon Rapid, adalah sebuah carbiner fungsinya sama dengan Carbiner Umum lainya, hanya Carbiner ini biasanya digunakan dalam kegiatan penelusuran Gua, Alat ini terbuat dari Aluminium Alloy, dibagi berdasarkan bentuknya, yakni : Oval, Delta dan Half Moon / Semi Circular.
  7. Ascender , merupakan peralatan mekanik yang digunakan sebagai alat untuk Menaiki suatu lintasan tali, serta dapat juga digunakan selain Menaiki lintasan dalam kondisi tertentu. Peralatn ini di bagi menjadi 2 bagian, yakni , Menurut Peganganya : Heandle Ascender ( SRT, Petzl Expedition dan Ascention)  dan Non Heandle Ascender ( Petzl Basic, Croll, Gibbs Shunt).Menurut Prinsip Kerja Gigi/Camnya :Sprung Cam (Petz Basic dan Croll) dan Cam Loaded (Gibbs Shunt dan Hiebler).


  8. Descender merupakan peralatan yang digunakan untuk menuruni tali. Cara menuruni tali tersebut biasanya disebut descendering atau Abseiling Rappeling. Yang berfungsi menaha laju alat dengan tali. Descender dibagi menjadi Dua macam berdasarkan cara kerjanya , yakni Bekerja Automatis seperti, Autstp, Ewis dan Bekerja Manual.
Peralatan Panjat Tebing diatas hanyalah sebagian saja, yang biasa atau umum digunakan dalam Panjat Tebing atau Rock Climbing. jika melihat dari Sejarah Rock Climbing tentunya Peralatan Panjat Tebing pun juga semakin banyak dan semakin Modern.


Support

Tentang Kami

Info Pecinta Alam adalah Situs Media Online yang menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan Dunia Kepecintaalaman, Kepetualangan maupun Info Pecinta Alam lainya.
Designed By Seo Blogger Templates