Pengertian Advokasi | Pecinta Alam


Advokasi adalah sebuah Defisi yang sebenarnya tidak ada penjelasan yang pasti, karena pengertian Advokasi selalu berubah-ubah sesuai zaman karena tergantung pada situasi dan kondisinya baik itu dari pandangan kekuasaan , politik serta posisinya pada kawasan tertentu. Advokasi sendiri dari segi bahasa adalah pembelaan. 

Berbicara Tentang Pengertian Advokasi, ada beberapa pengertian dan penjelasan yang terkait dengan defenisi Advokasi tersebut, diantaranya :  

  1. Usaha-usaha terorganisir untuk membawa perubahan-perubahan secara sistematis dalam menyikapi suatu kebijakan, regulasi ataupun pelaksanaannya (Penjelasan :Meuthia Ganier).
  2. Advokasi adalah aksri strategis yang ditunjukkan untuk menciptkan kebijakan Public yang bermaanfaat bagi  masyarakat atau mencagah munculnya kebijakan yang diperkirakan dapat merugikan masyrakat. (Penjelsan : Socorro Reyes, Local Legislative Advocacy Manual, Philippines:  The Center for Legislative Development, 1997) 
  3. Advokasi adalah Membagun oragnisasi-organisasi demokratis yang kuat untuk membuat para penguasa bertanggung jawab menyangkut peningkatan keterampilan serta pengertian rakyat tentang bagaimana kekuasaan itu bekerja.Advokasi terdiri dari sejumlah tindakan yang disusun untuk menarik perhatian masyrakat pada suatu isu/masalah, dan mengontrol para pengambil kebijakan untuk mencari solusinya. advokasi ini juga bersisi tentang aktifitas-aktifitas legal dan politis  yang dapat mempengaruhi bentuk dan praktik penerapan hukum.Inisiatif untuk melaksanakan Advokasi perlu diorganisir, dirancang secara strategis, didukung informasi, komunikasi, pendekatan serta mobilisasi yang tepat dan terperinci (Penjelasan :Margaret Schuler, Human Rights Manual) 
  4.  Upaya Terorganisir maupun aksi yang menggunakan sarana-sarana demokrasi untuk menyusun dan melaksanakan undang-undang dan kebijakan yang bertujuan untuk menciptkan masyarakat yang adil dan merata (Penjelasan : Institu Advokasi Washington DC).
  5. Advokasi adalah aksi kolektif yang tersusun untuk mengubah iklim politik yang melibatkan semua pengemban kepetingan (Stakeholder), yang diarahkan untuk mengatasi Isu-Isu dan problem-problem spesifik melalui kebijakan publik.(Pejelasan : Central Asian NGOs Advocacy Training and Study Tour, March 1-12,1999, The Philippines, The Center for Legislative Development.
  6. Advokasi melibatkan berbagai strategi yang ditunjukkan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan publik baik ditingkat lokal, nasional dan internasional. dalam advokasi itu secara khusus harus memutuskan , siapa yang memilikin kekuasaan dalam membuat keputusan, abgaimana cara mengambil keputusa tersebut dan bagaimana cara menerpkan dan menegakkan keputusan itu. (Penjelasan : Lisa VeneKlassen and Valerie Miller, The Action Guide for Advocacy and Citizen Participation, Washington D.C.: The Asia Foundation, 2002).
  7. Advokasi adalah sebuah akasi yang sangat strategis dan terpadu, oleh perorangan maupun kelompok masyrakat yang memasukkan sesuatu masalah kedalam agenda kebijakan dan mengontrol para pengambil keputusan untuk mengupayakan solusi bagi masalah kebijakan publik yang dibuat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. (Penjelasan : Manual Advokasi Kebijakan Strategis, IDEA, Juli 2003).
Dari beberapa penjelasan dan berbagai Advokasi tersebut diatas, setidaknya dapat dipahami bahwa Pengertian Advokasi adalah sebagai bentuk upaya melakukan terhadap rakyat (Masyrakat Sipil) denganc ara yang sistematis dan terorganisir atas sikap, perilaku dan kebijakan yang tidak berpihak pada keadilan dan kenyataan.
Share on Google Plus

About Tupai Climbers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.