Manajemen Perjalanan


Manajemen Perjalanan berasal dari bahasa Inggris yaitu menez artinya perencanaan, jd dapat di simpulkan bahwa Manajemen Perjalanan adalah persiapan atau perencanaan sebelum melakukan pendakian di petualangan di alam bebas, karena kalau manajemen kita tidak sempurna maka perjalanan kita nantinya mengalami banyak masalah karena bahaya-bahaya tidak akan pernah lepas dari diri kita sendiri, jadi sebelum melakukan pendakian kita harus betul-betul mengetahui apa itu manajemen perjalanan.

Dalam mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melaksanakan kegiatan di alam terbuka maka yang perluh diperhatikan adalah rumus 4 W + 1 H :
Where (dimana) : lokasi atau tempat pelaksanaan kegiatan
Who (siap : pelaksana kegiatan
When (kapan) : waktu pelaksanaan kegiatan
Why (mengapa) : harus melakukan pendakian gunung tersebut
How (bagaimana) : prosses pelaksanaan kegiatan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam Manajemen Perjalanan yang menjadi dasar dalam perencanaan perjalanan adalah :
1.Kenalilah setiap bagian dari wilayah serta medan yang akan kita lalui. Panjang dari route dan bagian-bagian dari route tersebut, bagaimana keadaan umumnya, apakah terdiri dari medan yang berbatu, rawa-rawa, semak belukar, hutan rimba Forest atau padang rumput, dll. Kenali pula keadaan iklimnya, temperatur siang hari dan malan hari, angin, hujan, senantiasa berkabut, atau salju dll.
2.Perhatikan maksud dan tujuan perjalanan anda.
3.Apa program program kegiatan anda secara umum dan macam kegiatan apa saja yang akan anda lakukan pada setiap bagian dari route perjalanan anda.
4.Perhatikan lamanya waktu dari perjalanan anda, juga waktu untuk setiap bagian dari route perjalanan.
5.kadang-kadang ada hal-hal khusus yang dibutuhkan oleh orang-orang yang tertentu, misalnya pipa tembakau, atau hal lain yang khas.
6.keterbatasan dari kita untuk membawa barang-barang serta perlengkapan tadi sebagai beban.

Dari hal-hal diatas kita dapat mebuat perhitungan-perhitungan, perencanaan untuk membawa, memilih atau bahkan mendesain perlengkapan apa saja yang perlu dipakai dan dibawa sehingga tujuan-tujuan terlaksanan dengan baik. Perlengkapan untuk suatu perjalanan harus selengkap mungkin tetapi juga harus praktis dan seringan mungkin” Maximum Utility in Minimum Weight”. Berat badan total sebaiknya tidak melebihi sepertiga berat badan kita, maksimal 15-20 kg. Dan yang perlu pula diperhatikan pertambahan berat beban akibat basah seandainya hujan dsb.

Rencana Perjalanan atau Manajemen Perjalanan
Perencanaan dalam suatu perjalanan perlu dipersiapkan dengan matang agar menghasilkan kegiatan yang sukses. Rencana tersebut meliputi :
a)Tujuan
Tujuan disini menyatakan tempat yang akan kita tuju seperti :
~ kemana dan dengan siapa kita pergi
~ menetap atau berpindah-pindah
b)Waktu
Waktu perjalanan, meliputi kapan kita akan berangkat dan berapa lama kita berada ditempat itu.
c)Kegiatan perjalanan
Adalah perencanaan tentang apa saja yang akan kita lakukan selama perjalanan, dari awal keberangkatan hingga perjalanan pulang.
d)Dengan siapa melakukan perjalanan
Dalam melakukan perjalanan tentunya kita bersama teman, fungsi teman adalah sebagai penghilang rasa sepi dan tempat untuk meminta pendapat.
e)Transportasi
Kita perlu mempelajari jalur transportasi yang akan digunakan untuk mencapai daerah terebut berikut alternatifnya. Termasuk didalamnya adalah jam keberangkatan maupun harga tiket.

Pengetahuan
a)Pengetahuan medan yang akan dihadapi
~ Administrasi
Setiap daerah tentu berada dibawah kekuasaan suatu pihak, misalnya : Pemda, Koramil, Pengelola daerah, dll. Untuk itu pengetahuan akan pengurusan surat izin sangatlah diperlukan.
~ Linkungan Budaya
Yaitu pengetahuan tentang adat istiadat dan buadaya penduduk daerah setempat, keamanan daerah tersebut agar kita tidak menyalahi aturan-aturan yang berlaku di daerah yang kita singgahi.
~ Topografi
Yaitu pengetahuan tentang keadaan alam yang menjadi tujuan kita melalui peta, dengan membaca peta kita bias memperkirakan lamanya perjalanan yang akan terikat pada banyak hal, baik logistic, peralatan dan keuangan.
~ Iklim dan cuaca
Merupakan hal yang sangat menentukan dalam mengetahui perlengkapan apa saja yang harus kita bawa.
~ Kenali bahaya setempat
Sebagai pendaki gunung, anda pasti akan mengunjungi daerah terpencil dan juga hutan – hutan yang lebat. Kenlilah bahaya potensial daerah tersebut, baik yang datang dari satwa maupun fauna bahkan mungkin saja sejenis makanan setempat yang mungkin saja tidak cocok dengan perut kota anda. Berdasakan informasi ini anda juga dapat merancang First Aids Kit (kotak P3K) anda.
b)Pengetahuan diri pribadi
~ Mental
Yaitu kondisi psikiologis dalam diri pribadi pada saat akan melakukan perjalanan, seperti : gelisah, belum mendapat izin, takut gelap, takut kehujanan dan lain-lain.
~ Fisik
Kondisi fisik sangat menentukan terlaksananya suatu perjalanan, kondisi fisik yang buruk dapat diusahakan untuk ditingkatkan melalui pengobatan atau latihan yang teratur dan disiplin. Latihan fisik perlu dilakukan karena akan memudahkan kita menghadapi medan yang mungkin membutuhkan kekuatan fisik yang kuat.
~ Materi
Yakni ada tidaknya keuangan yang cukup untuk mendukung perjalanan. Dari rencana perjalanan yang sudah disusun, dapat diketahui kebutuhan yang harus dipersiapkan. Usahakan agar kita menabung jauh – jauh hari sebelum kegiatan dimulai.
Share on Google Plus

About Tupai Climbers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.