Hutan Amazon 'Oksigen Dunia' | Info Pecinta Alam



Hutan Amazon atau biasa disebut Amazonia, merupakan hutan dan sumber daya alam terbesar  didunia. Hutan Amazon selain terkenal akan luas dan besarnya, Hutan Amazon juga sangat dikenal sebagai Paru-Paru Dunia, Karena Hutan ini merupakan Hutan penghasil Oksingan terbanyak didunia bahkan 20% oksingen yang ada di Bumi dihasilkan Oleh Hutan ini.

Hutan Amazon yang terletak di Amerika Serikat ini memiliki Luas 7 km persegi dan terletak di 9 wilayah Negara Amerika Selatan, yaitu Bolivia, Peru, Kolombia, Brazil, Ekuador, Venezuela, Guyana,Suriname, dan  Guyana Perancis, sedangkan luas Hutanya Hanya meliputi 5,5 km persegi. dengan begitu Hutan Amazon adalah Hutan yang mewakili lebih dari separuh hutan di Bumi ini yang masih terjaga dan tersisa.

Hutan Amazon Merupakan Hutan Tropis dan merupakan yang terbesar di dunia. Flora dan Fauna yang hidup di Hutan ini merupakan setegah spesies yang ada didunia ini terdapat di dalamnya. Maka tidak salah Hutan Amazon memiliki julukan Sumber Farmasi terbesar di Dunia karena hampir semua Obat modern yang dibuat dan dipasarkan bersal dari Tanaman di Hutan Hujan Tropis ini.

Flora Amazon
Hutan Amazon memiliki beberapa spesies Flora atau jenis tumbuhan, diantarnya 700 Jenis Pohon dan jumlah tumbuhan hampir 2x lipat jumlah Spesies Pohon. selain itu Pohon - Pohon ini tidak seperti halnya pohon yang biasa kita jumpai, yang hanya tingginya berkisar 5-10 m, tapi dihutan Amazon ini tinggi nya berkisar 130 m, sehingga Hutan ini terkenal juga dengan gelapnya akibat sulitnya Sinar Matahari menembus dasar Pohon tersebut.
Fauna Amazon
Hutan Amazon yang hampir wilayah meliputi seluruh negara Brasil ini adalah Hutan yang juga menyimpan banyak spesies Hewan, hampir separuh spesies yang ada di Dunia dimiliki oleh Hutan Amazon. itu dibuktikan dengan jumlah Spesies Hewan Mamalia, yang lebih dari 500 Spesies ,  Kadal 175 spesies , Jenis Reptil 300 Spesies, JenisSeranga hampir 30 juta serta hampir setengah jenis burun yang Ada didunia ini terdapat di dalam Hutan ini.
Sungai Amazon
Selain Jumlah Flora dan Fauna Hutan Amazon ini yang membuatnya begitu besar, juga didukung oleh Sebuah Sungai, dimana sungai ini merupakan sungai Terpanjang dan terluas didunia serta merpuakan sungai penghasil Air terbesar dan penyuplai air terbanyak didunia yang terhubung langsung ke beberapa Samudra di Dunia. Sungai ini dikenal dengan Urat Nadi Amazon atau sering disebut dengan Sungai Amazon. Panjang sungai ini  hampir mengelilingi Hutan Amazon, tetapi yang uniknya dari sungai ini, walaupun sungai ini terkenal dengan panjang dan luas tetapi sungai ini tidaak memiliki jembatan untuk menghubungkan darata-daratan yang dibelahnya.

Penduduk Asli Amazon
Walapun Hutan Amazon terkenal dengan Ancamannya, tetapi ternyata di Hutan ini juga dihuni Oleh Manusia, dimana Hutan ini di Huni lebih dari 350 Suku Asli Amazon, mereka hidup dihutan ini selama ribuan tahun lamanya, mereka bertahan hidup dengan memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan dan Hewan yang tersedia di Hutan ini. tercatat lebih dari 30 Juta Penduduk yang menempati dan bermukim di wilayah Hutan Amazon.walapun diantaranya banyak yang sudah berimigrasi dikota-kota tetapi mereka tetap memanfaatkan  Ekosistem Hutan Amazon. Sampai saat ini, Hutan Amazon masih di huni sekitar 200 Suku Asli Amazon dan berkomnukasi dalam 180 Macam Bahasa yang berbeda sesuai dengan kebudayaan Masing-masing.
Kondisi Amazon
Hingga kini, Hutan Amazon 20 % sudah rusak akbiat tangan-tangan manusia yang tidak berpendidikan dan bertanggung jawab. diantaranya digunakan sebagai Lahan Industri, pertambangan, Peternakan, Ekspor kayu. yang lebih paranya lagi Beberap wilayah Hutan dibakar untuk menghasilkan Arang untuk Proses Industri. Akibatnya dalam kurung waktu yang tidak lama hutan didunia kan Lenyap, menurut para Ilmuan Dunia, Hampir 130 Spesies Tumbuhan, Hewan maupun serangga-serangga amti setiap Harinya, diakibatkan penebangan liar dan pembakaran hutan. jika Hal tersebut berlanjut tidak menuntut kemungkinan 40 tahun kemudian Bukan hanya Rambut Manusia yang Gundul dan Habis Karena Rontok, Hutan didunia pun akan bernasib sama.

"Hutan memberikan semua dengan percuma, bukan berarti kita mengambil semua dengan seenaknya, 
Ingat....!!! Hutan tidak akan mati selama masih ada Manusia, tetapi Manusia akan Mati apabila tidak ada Hutan"
Share on Google Plus

About Tupai Climbers

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.